by on November 22, 2021
44 views

Salah satu Furniture / mebel yang paling banyak peminatnya yaitu berbahan kayu jati, karena begitu artistik, antik dan punya nilai tersendiri. Walaupun harganya lebih mahal daripada bahan kayu lain seperti bangkiray dan sebagainya, mebel furniture yang menggunakan kayu jati mampu bertahan sehingga bertahun tahun lamanya. Berikut adalah tips panduan dalam memilih mebel furniture dari bahan kayu jati.


Dari kualitas mebel furniture jati

Secara umum mebel furniture Jepara jati dibagi 3 gred, yaitu gred A, gred B dan gred C. Gred ini menentukan tahap harga jual mebel furniture jati. Gred A lebih mahal dari gred B, dan gred B lebih mahal daripada gred C. Ini karena mebel furniture gred A dipotong daripada kayu jati yang paling berkualitas, dan usianya tua (hingga lebih 20 tahun), kayunya kelihatan amat kokoh.
Walaupun pengetahuan anda mengenai kayu jati mungkin kurang mahir, tetapi apabila anda mengamati dan membandingkan antara gred A, gred B dan gred C, akan tampak perbedaannya. Oleh karena mebel furniture gred A mahal, banyak diantaranya untuk pasaran antara bangsa (di ekspor ke luar negeri). Mebel furniture jati gred B dan gred C paling banyak di pasaran.

Pilih sesuai citarasa

Pada umumnya furniture jati dengan ukiran, ini adalah corak jati yang tradisional. Malah, hampir kebanyakan mereka yang membelinya akan memilih model ukiran. Tetapi kini furniture jati sudah banyak berubah dan mulai menampilkan model kontemporer, klasik, kolonial dan juga gabungan fashion. Ada yang minimalis dan juga yang dimodifikasi dengan berbagai material seperti kain, dan kulit. Semua ini dilakukan demi memenuhi beragam citarasa peminatnya.

Dalam memilih Kayu jati

Yang menjadi bahan pertimbangan yaitu penggunaan kayu sambungan, akan tetapi mebel furniture jati yang menggunakan kayu utuh harganya sangat mahal, jika budget kurang mendukung tidak ada salahnya memilih kayu jati sambungan dengan syarat penggunaannya kokoh, dengan begitu mebel furniture jati akan awet juga dan semua pilihan tergantung dari anda.

Survei Harga

Pintar-pintarlah mencari perbandingan harga, karena bisa jadi antar toko, galeri mebel furniture yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan harga yang signifikan. Mebel furniture yang cukup lama berada didalam toko kemungkinan besar karena tidak laku, anda dapat menawarnya dengan harga yang lebih murah. Beda lagi dengan furniture yang harus pesan terlebih dahulu, karena banyaknya pesanan dan terbatasnya pengrajin biasanya mebel furniture jenis ini harganya lebih mahal, tentunya sesuai dengan kualitas.

Perawatan yang benar

Walaupun mebel furniture jati sangat awet dan tahan lama, perawatan yang baik dan berkala sangat penting untuk menjaga agar mebel furniture jati anda tetap awet. Gunakan pembersih khusus untuk mebel furniture jati yang banyak dijual dipasaran, gunanya untuk menggosok dan atau mengkilapkan mebel furniture jati, cukup sebulan atau dua bulan sekali. Dengan perawatan yang benar, mebel furniture jati anda akan awet seperti baru lagi walaupun telah dipakai selama 10 tahun atau 15 tahun.

Mudah bukan cara memilih mebel furniture jati, anda juga bisa baca artikel Cara mudah memasang gebyok jika telah membeli mebel furniture.

Posted in: Business
Be the first person to like this.